Hati-hatilah Dengan Madu Manuka Palsu

Madu manuka adalah madu yang berasal dari bunga manuka yang melalui penyerbukan para lebah di daerah New Zaeland dan juga Australia. Madu ini memang masih asing di Indonesia karena jumlahnya yang tidak banyak dan belum dipasarkan dengan bebas di pasaran. Padahal madu ini sangat berbeda dengan madu-madu biasa yang lain. Perbedaan yang paling mendasar antara madu jenis manuka dan madu biasa adalah UMF (Unique Manuka Factor) yang telah dilakukan penelitian oleh para ahli bahwa madu ini memiliki konsentrasi enzim yang cukup tinggi dibandingkan dengan madu biasa. Nantinya enzim yang ada di madu tersebut akan secara alami mengubahnya menjadi hidrogen proxida yang menghasilkan kandungan antibakteri.

Kandungan bakteri madu manuka inilah yang membuatnya menjadi obat penyembuh paling manjur untuk masalah-masalah luka, infeksi dan bahkan radang kulit. Hal itu dikarenakan madu dari bunga manuka ini akan menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan. Pentingnya memilih madu jenis manuka ini memang diperlukan. Akan sangat disayangkan jika memilih madu palsu yang nantinya bisa membahayakan kesehatan Anda. Ada beberapa akibat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi madu palsu, seperti :

    1. Madu yang palsu biasanya akan dioplos dengan gula atau pemanis buatan. Hal ini akan membahayakan bagi orang yang terkena penyakit diabetes karena bisa menaikkan gula darahnya.
    2. Pewarna makanan memang dibolehkan oleh BPOM, tapi kadang ada oknum nakal yang memberi pewarna berbahaya pada madu yang palsu. Pewarna yang dari bahan kimia mengandung karsinogen yang akan menyebabkan penyakit kanker.

 

  • Jika Anda menggunakan madu sebagai masker, kandungan dari campuran bahan kimia akan membuat kulitr wajah Anda terkena iritasi

 

Cara Membedakan Madu Manuka yang Asli dan Palsu

Bunga manuka memang tidak tumbuh di Indonesia, sehingga untuk menikmati madu yang berasal dari nektar bunga manuka, orang Indonesia harus mengimportnya dari Australia atau New Zaeland. Tapi terkadang ada tangan-tangan jahil yang membuat madu manuka palsu yang bisa membahayakan kesehatan orang-orang yang mengkonsumsinya. Mencari keuntungan yang banyak adalah penyebab dari maraknya madu bunga manuka palsu. Untuk itu, Anda jika membeli madu ini, harus memperhatikan :

  1. Perhatikan Label Kemasannya

Label kemasan dari madu ini terdapat keterangan kalau madu bunga manuka mengandung MGO dan produsen dari New Zaeland harus mencantumkannya di label.

  1. Mendapat Sertifikasi

Madu yang asli sudah pasti memiliki sertifikasi resmi dari pihak yang berwenang di New Zaeland.

  1. Tekstur dan Warna

Madu bungan manuka asli berwarna gelap atau sangat gelap dengan tekstur kental.

Anda bisa membeli madu manuka yang asli hanya ada di Lemonilo. Toko online yang menjual makanan sehat asli untuk memenuhi kebutuhan Anda akan makan-makanan yang menyehatkan.