Kuliner Khas Bali Yang Hanya Ada Di Bali

Berbicara mengenai Bali, tentu yang ada dibenak kita pertama kali adalah destinasi wisata. Memang, destinasi wisata andalan Indonesia adalah Bali. Pulau ini memiliki banyak keindahan panorama alamnya seperti pantai kuta, pantai sanur, tanah lot, danau bedugul, hingga wisata religi. Tentu ada yang kurang rasanya jika hendak berlibur ke Bali, tidak menikmati kuliner khas Bali yang hanya ada di Bali. Makanan khas Bali umumnya sangat terkenal dengan kaya akan rempah dan rasa masakannya yang pedas. Hal inilah yang menjadikan banyak wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara yang menyukai makanan khas Bali ini. Apa saja sih kuliner khas bali tersebut? Inilah beberapa kuliner khas bali yang harus anda coba ketika berkunjung di Bali.

1. Tipat Blayag

Tipat blayag khas Buleleng Bali ini bentuknya seperti ketupat persegi, tapi dililit memanjang hingga bentuknya seperti lontong namun dililit dengan janur muda. Tipat blayag ini bumbunya berasal dari olahan tepung beras dan dicampur dengan bumbu khas Bali. Bumbunya memiliki tekstur yang kental seperti santan, membuat rasanya yang semakin nikmat. Kuliner khas bali ini biasanya dilengkapi dengan potongan tipat blayag, ayam sisit, ceker ayam, kerupuk, kacang kedelai hingga sayur urab yang kaya akan rasa dan rempahnya.

2. Nasi Jinggo

Nasi jinggo terkenal dengan makanan yang murah meriah di kawasan Bali. Nasi jinggo ini banyaknya sekepalan tangan orang dewasa yang dibungkus menggunakan daun pisang dan sambalnya yang sangat pedas. Lauknya terdiri dari ayam suwir, tempe goreng dan mie goreng. Anda tidak akan kenyang jika hanya menikmati satu bungkus nasi ini. Harga nasi jinggo pun sangatlah bersahabat sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 5000 saja. Anda dengan mudah menemukan nasi jinggo ini di street foot Bali, dan di stand kecil dipinggir jalan.

3. Rujak Bulung

Kuliner ini merupakan rujak rumput laut yang bumbunya menggunakan kuah pindang. Bumbu yang khas dan sensasi yang pedas sangat memanjakan lidah anda. Tak hanya itu, rumput laut yang segar juga akan menambah selera anda setelah mencicipinya.

4. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi campur ayam bali juga merupakan masakan khas bali. Isian dari nasi campur ini terdiri dari sate lilit hingga suwiran ayam yang memiliki rasa khas bali. Tak hanya itu, lauk yang bervariasi juga bisa anda pilih sendiri seperti ayam betutu, telur sambal tomat, dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai kuliner khas Bali yang hanya ada di Bali. Semoga menambah referensi anda ketika anda hendak berkunjung ke Bali. Jika anda penyuka makanan pedas, masakan khas Bali siap menggoyangkan lidah anda dan memanjakan lidah anda dikarenakan kaya akan rempah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.