Tips Mengasah Kecerdasan Emosional Dengan Proses Yang Benar

Kecerdasan emosional adalah salah satu jenis kecerdasan yang harus dikembangkan sejak kecil agar emosi pada diri sendiri bisa dikontrol dengan baik dan tidak melakukan berbagai tindakan berdasarkan emosi yang bisa merugikan diri sendiri.

Karena itu orang tua perlu untuk mengajarkan anaknya berbagai pemahaman sekaligus mengasah kecerdasan ini sehingga anak yang tengah berkembang bisa tumbuh dengan membawa sikap yang baik dan tidak mudah terpancing emosi negatifnya.

Emosi ini memang jika dibiarkan akan merusak diri sendiri dan karena anak yang masih belum terlalu paham dengan kecerdasan satu ini membuat orang tua harus mengasah hal penting ini.

Tips Mengasah Kecerdasan Emosional Dengan Proses Yang Benar

Jika tidak anak akan tumbuh tanpa memiliki kemampuan mengontrol emosinya sehingga membuat dirinya lebih mudah melakukan sesuatu mengikuti emosi yang tengah dirasakannya setiap saat.

Hal ini tentu akan sangat merugikan sang anak karena emosi tersebut bisa saja memberikan masalah bagi anak baik dengan orang lain maupun dengan dirinya sendiri pada suatu saat jika kecerdasan emosional pada dirinya tidak diasah.

Jadi orang tua harus selalu memberikan arahan dan mengasah kecerdasan yang tentunya dimiliki setiap orang namun bagaimana kecerdasan tersebut diasah tentu berbeda.

Dan berikut ini beberapa tips dari Wyeth Parenting untuk bisa mengasah kecerdasan dari anak mengenai emosionalnya sehingga tumbuh dengan sikap yang baik.

 

  1. Buat anak kenal dengan emosinya sendiri

Hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga anak bisa tahu sebenarnya emosi apa yang tengah dirasakannya sehingga dirinya bisa menilai apa yang harus dilakukannya untuk mengatasi emosinya secara perlahan.

Ketika waktu tertentu pasti anak akan menunjukkan emosinya yang berbeda dari biasanya dan saat itulah orang tua harus mengajarkan dan mengasah kecerdasan anak dengan membantu anak mengenal emosinya sendiri.

Dengan begitu anak akan lebih mudah menilai dan melakukan respon bagi dirinya sendiri ketika dirinya menunjukkan emosi yang sama kembali seperti ketika menangis maupun marah.

  1. Asah anak memahami perubahan dalam emosinya

Berikutnya adalah dengan membuat anak memahami seperti apa emosinya mengalir ketika dibiarkan menghilang dengan sendrinya dan ketika dicoba diatasi diri sendiri dengan benar.

Asah anak untuk mengenali bagaimana emosi, suasana hatinya dan yang lain berjalan setiap waktunya untuk membantu anak lebih paham bagaimana merespon hal tersebut.

  1. Asah empatinya

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah dengan membuat anak lebih mudah berempati dengan orang lain yang tengah dalam keadaan sedih emosionalnya sehingga anak lebih memahami bagaimana emosi tersebut berjalan baik pada dirinya maupun orang lain.

Selalu bersikap empati ini dapat membantu anak sehingga mudah mengenali orang lain dan membantunya mengembangkan emosinya sendiri.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan orang tua untuk mengasah kecerdasan emosional yang dimiliki anak  melalui proses yang benar.