Matcha, Minuman Teh Tradisional Jepang

minuman teh tradisional

Matcha, Minuman Teh Tradisional Jepang

Beberapa negara terkenal akan minuman teh tradisional mereka, tak terkecuali Jepang. Dari Negeri Sakura ini, kita sering mendengar adanya istilah matcha. Matcha sendiri merupakan teh hijau dengan bentuk bubuk yang dibuat dengan cara menggiling teh hijau sampai halus layaknya tepung. Bubuk teh ini biasa diminum pada saat upacara minum teh di Jepang. Selain itu, bubuk matcha juga umum sebagai bahan pembuatan makanan, terutama untuk perasa dan juga pewarna, misalnya soba, es krim, mochi, cokelat, hingga wagashi dan kue. Dalam upacara minum teh sendiri umumnya terdapat dua jenis matcha, yakni koicha yang berupa teh kental dan usucha yaitu the encer. Perbedaan keduanya terletak dari kadar kekentalan serta cara meminumnya.

Matcha dengan kualitas yang baik umumnya akan memiliki rasa manis serta tidak pahit. Koicha biasa dibuat dari matcha terbaik serta mahal harganya. Alat khusus yang digunakan untuk mengocok matcha dinamakan chasen. Gunanya ialah untuk melarutkan teh agar berbusa. Minuman teh tradisional akan dibuat dan diminum bersama dalam upacara minum teh. Orang yang mendapat giliran terakhir harus menghabiskan tehnya di dalam mangkuk. Upacara minum teh di Jepang juga akan turut menghidangkan makanan ringan seperti kue, antara lain higashi dan namagashi. Uniknya, pada tiap aliran upacara, teh yang disajikan akan berbeda dari segi kadar busa yang dipakai.

Kebiasaan minum teh sendiri baru dimulai pada Dinasti Tang di Tiongkok, akan tetapi baru populer pada masa Dinasti Song. Khasiat serta cara pembuatan teh juga telah tertulis sejak abad ke delapan. Matcha sendiri diperkirakan dibuat pertama kali di Tiongkok pada abad ke sepuluh. Sementara orang Jepang sendiri baru mengenal matcha di abad ke dua belas, tepatnya pada zaman Kamakura. Kebiasaan minum teh berlanjut hingga kini dan tak hanya terjadi di Tiongkok serta Jepang saja, namun seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, kita dapat menikmati minuman teh tradisional terbaik dari Sariwangi karena rasa serta aroma yang diberikannya sangat khas.

Baca juga: Khasiat Dari Teh Untuk Kesehatan Tulang