Kuliner Padang yang Bercita Rasa Lezat dan Khas

Kuliner Khas Padang

Kuliner Padang yang Bercita Rasa Lezat dan Khas

Salah satu yang terkenal dari padang adalah kulinernya. Cita rasa yang lezat dan khas dari semua kuliner Padang menjadikan begitu banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya. Tak heran juga jika memang rumah makan masakan Padang pun sekarang sudah mulai banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Nah, lalu apa saja sih sebetulnya kuliner khas padang yang bercita rasa lezat itu ? Berikut ini antara lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi :

1. Rendang

Bicara soal kuliner Padang, memang tidak bisa dijauhkan dengan yang namanya Rendang. Rendang telah menjadi kuliner khas Padang yang telah mendunia. Bahkan telah mendapatkan predikat makanan terlezat di dunia. Saat berada di rumah makan masakan Padang, kuliner yang satu ini banyak sekali yang menanyakannya. Rendang sendiri merupakan sebuah kuliner yang berbahan dasar daging sapi dan dimasak bersama dengan kuah santan serta tentunya tidak ketinggalan dipadukan bersama bumbu dari rempah-rempah pilihan yang bisa menghadirkan cita rasa masakan lezat.

2. Ikan Balado

Kuliner Padang selanjutnya adalah Ikan bumbu Sambal Balado atau Ikan Balado. Kuliner yang satu ini juga selalu ada di rumah makan masakan padang. Cita rasanya yang khas membuat Ikan Balado pun banyak digemari masayarakat juga. Sambal balado khas Padang sendiri juga bisa diolah bersama dengan sayuran.

3. Gulai Itiak

Gulai Itiak merupakan kuliner dari daerah Kota Gadang – Bukittinggi. Kuliner yang satu ini terbuat dari daging bebek yang diris tipis kemudian dimasak dengan sederat bumbu yang terbuat dari rempah-rempah pilihan. Bumbunya berwarna hijau seperti sambal hijau. Daging bebek yang digunakan juga yang masih muda. Usai dipotong, kemudian dibakar.

4. Dendeng Balado

Kuliner khas Padang yang juga tidak boleh lupa untuk dicicipi adalah Dendeng Balado. Bahan utama yang digunakan untuk menyajikan kuliner ini adalah daging yang diiris tipi kemudian dikeringkan. Setelah itu digoreng dan dimasak bersama cabai merah dan bumbu-bumbu dapur lainnya.

5. Soto Padang

Masih berbahan dasar daging sapi, kuliner khas Padang yang selanjutnya adalah Soto Padang. Daging sapi yang digunakan untuk membuat Soto Padang pun tidak sembarangan, hanya pada bagian sapi tertentu sehingga bisa membuat sajian daging pada Soto Padang pun terasa lezat dan tentunya empuk.

Baca juga: Khasiat Teh Hijau