Manfaat Minum Jus Tomat di Pagi Hari

Manfaat Minum Jus Tomat di Pagi Hari

Tomat adalah sayur favorit bagi banyak orang, tapi sayangnya kebanyakan dari mereka tidak menyukai jus. Beberapa orang juga percaya bahwa jus tomat menurunkan efek perbaikan dari sayuran, tapi itu hanya mitos. Ada berbagai manfaat dari jus tomat dan orang-orang yang ingin mendapatkan semua manfaat hanya menggunakan tomat organik 100 persen untuk membuat jus.

manfaat minum jus tomat di pagi hari

Sumber utama kalori dalam tomat berasal dari karbohidrat, biasanya dalam bentuk gula dengan sedikit serat juga. Jus juga berisi beberapa kuantitas protein alami yang secara alami bebas lemak.

Jus tomat juga merupakan sumber vitamin. Satu porsi jus tomat mengandung sekitar 170 persen dari kebutuhan harian vitamin C, yang merupakan antioksidan yang signifikan bagi tubuh kita. Jus juga memenuhi kebutuhan vitamin A hingga 15 persen. Hal ini juga mengandung sedikit jumlah vitamin K, B1, dan B2, dan niacin.

Jus juga kaya beberapa mineral termasuk magnesium, tembaga, besi dan kalium. Semua mineral ini sangat diperlukan bagi banyak fungsi tubuh. Misalnya, magnesium sangat penting untuk otot yang kuat dan kesehatan tulang, potasium membantu menjaga keseimbangan cairan. Besi sangat penting untuk memproduksi hemoglobin yang merupakan zat dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen.

senyawa organik yang paling penting yang ditemukan dalam jus tomat disebut Lycopene. Lycopene memberi tomat warna merah. Hal ini juga anti-oksidan di alam dan mengandung sifat kanker mencegah. Ini bertindak sebagai anti-oksidan dengan melindungi organ-organ dan sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh oksigen, sementara itu juga melindungi DNA dalam sel darah putih.

Kandungan Lypocene dalam jus tomat juga diketahui efektif terhadap berbagai jenis kanker, seperti, kolorektal, prostat, payudara, pankreas, perut dan kanker paru-paru. Hal ini juga membentengi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak.

Kehadiran vitamin B6 dalam jus tomat membantu untuk rinciannya homocystene menjadi molekul yang aman. Homocystene adalah senyawa berbahaya yang menyebabkan penyakit jantung dan kerusakan dinding pembuluh darah.

Untuk membuat jus tomat, mengambil enam tomat kecil, enam cangkir air dan satu sendok makan jus lemon. Menempatkan mereka semua dalam juice extractor, tambahkan sedikit garam, aduk rata dan dinginkan dalam teko dengan top sealable. Sajikan saat dingin. Atau, Anda juga dapat menempatkan tomat dan jus lemon dalam lemari es terlebih dahulu jika Anda ingin minum jus tomat segar.