Cara Membuat Minuman Segar Es Lidah Buaya

Pernahkah anda melihat tanaman lidah buaya? Ya, tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias dan juga biasa dimanfaatkan sebagai obat – obata tradisional. Tanaman lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyuburkan rambut dan juga bisa digunakan sebagai penyembuh luka. Getah pada tanaman lidah buaya lah yang dimanfaatkan sebagai obat alami. Tapi, tahukah anda jika lidah buaya juga bisa dikonsumsi? Jika ini kali pertama anda mendengarnya, maka percayalah salah satu cara membuat minuman segar yakni dengan bahan utama berupa lidah buaya. Dalam minuman ini jika anda akan menemukan sensasi unik dari setiap teguknya.

Pertama, bahwa es lidah buaya tidak kalah nikmat dan segarnya dengan es – es lainnya juga sudah banyak orang yang mengakuinya. Kedua, Meskipun lidah buaya memiliki lendir bening akan tetapi bukanlah sebuah masalah untuk anda minum. Tekstur daging lidah buaya pun kenyal seperti agar – agar.

Berikut ini adalah cara membuat minuman segar yang terbuat dari lidah buaya untuk disajikan bersama keluarga atau orang yang anda sayang.

Bahan – Bahan Es Lidah Buaya

  1. 500 gr lidah buaya yang telah dikupas kulitnya
  2. 2. 250 gr kolang-kaling. Jika tidak suka dapat diganti dengan nata de coco dan aneka buah – buahan agar memiliki kaya rasa
  3. Biji selasih yang sudah direndam kedalam air
  4. Es batu secukupnya.
  5. Sebelum diolah menjadi es lidah buaya, lidah buaya harus direndam terlebih dahulu dengan menggunakan bahan rendaman: air, air kapur sirih, garam secukupnya, sirup, 175 gr gula pasir, vanili dan daun pandan.

Cara membuat es lidah buaya:

  1. Pertama, rendam lidah buaya yang telah dipotong dadu dalam air rendaman yang telah disediakan sebelumnya selama kurang lebih setengah jam.
  2. Kemudian, setelah setengah jam, didihkan air dan rebus lidah buaya selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, masukkan kolang kaling atau nata de coco. Setelah itu, angkat dan dinginkan
  3. Setelah dingin, masukkan biji selasih agar tampilan es lidah buaya lebih cantik dan rasanya lebih sedap. Jangan lupa juga untuk menambahkan es batu agar rasanya lebih segar.
  4. Jika anda ingin mendapatkan cita rasa asam segar, maka anda boleh menambahkan sirup pada kuah es lidah buaya. Anda bisa menambah sirup jeruk atau lemon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>