Legendary Oxtail Soup dari Bogor Cafe Jakarta

Pecinta kuliner buntut, khususnya yang di Jakarta, biasanya tahu Sop Buntut legendaris yang super enak itu ada di Bogor Cafe Hotel Borobudur. Nah, tanpa perlu ke sana pun, kini Haphapers bisa menikmati Sop Buntut yang legendaris dan tersohor itu di mall. Didirikan sejak tahun 2010, restoran yang diberi nama Sop Buntut Bogor Cafe ini memang masih di bawah management Hotel Borobudur Jakarta. Apakah untuk rasa sama seperti yang di Bogor Cafe Hotel Borobudur?

Ayo kita coba langsung dan meluncur ke lokasinya di lantai 5, Pacific Place Mall Jakarta. Ternyata di Sop Buntut Bogor Cafe, varian buntutnya cukup banyak. Tidak hanya Legendary oxtail soup, tapi juga ada Buntut Penyet, Buntut Rica Bakar, Nasi Goreng Buntut, dan lain-lain.

Sebagai pembuka, saya memesan Vegetable Spring Rolls (IDR 38 ribu). Terdiri dari 5 pieces untuk porsi isian, sayuran-nya sangat sedikit. Kalau tidak salah, ada tauge dan bengkoang. Itu saja yang bisa saya rasakan.

Dilengkapi dengan cocolan kecap manis yang di dalamnya terdapat sedikit irisan cabe rawit dan bawang merah. Kudapan ini, kurang istimewa secara rasa. Tidak cukup untuk membangkitkan selera sebagai menu pembuka.

Selanjutnya, saya akan mencoba menu-menu serba buntut di sini. Yang pertama tentu saja Legendary Oxtail Soup-nya (IDR 128 ribu). Sudah satu paket dengan nasi, dilengkapi juga dengan emping. Berisi 4 potongan buntut sapi yang empuk. Untuk kuahnya berwarna keruh, rasa rempah-rempah seperti pala dan cengkeh juga terasa. Tapi yang sangat dominan adalah rasa pala. Lalu juga terdapat irisan halus dari daun bawang. Slurp, kuahnya kuat dengan rasa kaldu dari buntut sapinya. Buntut-nya juga bisa dinikmati sampai habis. Tapi, untuk saya, tetap saja masih lebih enak yang di Hotel Borobudur.

Menu buntut selanjutnya  adalah Buntut Penyet (IDR 92 ribu). Juga sudah satu paket dengan nasi. Dilengkapi dengan emping serta wortel dan buncis rebus. Untuk jumlah potongan buntutnya terbilang sedikit. Apalagi kalau untuk penyetan apabila sudah agak hancur, kita jadi sulit membedakan ada berapa potong buntut yang sebenarnya disajikan. Buntutnya lumayan empuk, tapi sambalnya tidak disarankan untuk anda yang bukan penggemar masakan pedas. Pedas sambalnya menyengat karena menggunakan cabe rawit. Enak untuk sensasi pedasnya , tapi sayang, rasa sambalnya cenderung hambar. Sayur pelengkap buncis dan wortel rebus juga pastinya hambar. Penambahan sedikit kecap manis sisa cocolan Spring Roll tadi dapat memperbaiki rasa hambar pada sambal-nya. Buntut penyet ini juga dilengkapi semangkuk kuah kaldu seperti pada Legendary Oxtail Soup tadi, tapi tidak segurih  kuah pada soup-nya.

Menu buntut yang terakhir, cukup  berbeda dari yang lain. Bagian buntut sapi dikreasikan pada lasagna? Waah, penasaran…

Oxtail & Mushroom Lasagna (IDR 78 ribu). Cukup presentable, dengan cracker panjang yang rasanya seperti tortilla chips dan membentang di atas lasagna ini. Bolognese sauce yang biasanya menggunakan minced beef, diganti dengan daging buntut. Lalu di dalamnya juga terdapat jamur champignon. Enak dan unik juga. Tapi lagi-lagi untuk saya, lasagna ini kurang cheesy dan creamy. Bechamel sauce (white sauce yang biasanya ada di lapisan lasagna) juga kurang terasa.

Untuk keseluruhan rasa di restoran Sop Buntut Bogor Cafe ini lumayan lah. Yang cukup istimewa memang  Legendary Oxtail Soup-nya. Tapi boleh diacungi jempol juga inovasi Hotel Borobudur yang menghadirkan Sop Buntut-nya di mall. Jadi kita lebih nyaman karena dapat berpakaian lebih santai kalau ke mall ketimbang kalau di hotel.

Yuk Info Kuliner Jakarta, bagi anda yang ingin mencoba  menikmati Sop Buntut ala Hotel Borobudur,  tapi dengan suasana baru di mall. Langsung aja meluncur ke restoran Sop Buntut Bogor Cafe yang juga sudah memiliki cabang lain di Street Gallery~Pondok Indah Mall Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>