Ikkudo Ichi, Ramen Nikmat di Jakarta

Tidak hanya di Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya di Indonesia, Jakarta sebagai kiblat dunia kuliner tanah air juga sedang dilanda demam Ramen. Tempat makan Ramen di Jakarta banyaknya bisa dibilang ampun-ampun deh. Belum lagi masing-masing brand punya cabang yang se-abrek di sekitaran jabodetabek.

Salah satu yang paling hit di Jakarta adalah Ikkudo Ichi. Awalnya dibuka di daerah Pik dan selalu waiting-list. Weekend kemarin saya coba makan yang di Central Park, padahal waktu itu termasuk jam nanggung sih, tapi tampak lumayan ramai. Mungkin karena banyak yang merasa Mie adalah makanan ringan sehingga tempat makan seperti Ikkudo Ichi bakalan tetap diserbu walaupun bukan di jam-jam makan. Terhitung makanan iseng lah. Padahal nggak  gitu juga sih, secara ini weekend  dan di Central Park pula.

Untuk Interior, bisa dilihat masih serupa dengan tempat Ramen ala Jepang lainnya. Table lay out  pun berdempet-dempetan, seolah harga tanah mahalnya kayak di daerah Menteng aja. Tapi ya bisa dimaklumilah karena tujuannya untuk memaksimalkan kapasitas aja.

Berhubung di Ikkudo Ichi andalannya adalah Ramen Ikkudo’s Buta Kara, maka  saya pesan menu tersebut. Ramen Ikkudo’s Buta Kara adalah pork  Ramen. Selain itu, Ramen lainnya yang saya pesan adalah Tori Signature yang ber-topping chicken.

Mari kita coba Ramen pertama, Ikkudo’s Buta Kara (IDR 58.000). Jenis Mie yang dipakai di Ikkudo Ichi adalah tipe yang kecil. Untuk kuah, kaldunya cakep. Babi banget deh tapi cenderung oily. Kuah ini juga dibarengi dengan red sauce  yang spicy. Tapi kalau kita aduk rata, ya bakalan membaur dan red sauce-nya langsung nggak berasa.

Topping pork  casiu-nya punya rasa yang oke, sayang terlalu sedikit, hanya 3 slice  tipis. Tidak ketinggalan irisan daun bawang, boiled eggs  dan wijen. Tapi seharusnya juga ada irisan jamur-nya nih, soalnya di buku menu jelas tertulis kalau semua Ramen disajikan dengan sliced mushroom. Kalau untuk saya sih Ramen ini akan lebih enak jika disantap dengan tambahan condiment cabe iris-nya supaya nggak terlalu eneg.

Dan Ramen berikutnya adalah Tori Signature (IDR.55.000). Ramen dengan topping Chicken Casiu ini hadir dengan kuah yang lebih mild  dan cenderung mirip kuah Mie Instan gitu jadinya. Nah yang ini ditambahin raw garlic  kayaknya lebih nikmat! Untuk Chicken Casiu-nya juga enak, tapi kok nggak  merah ya, padahal judulnya Casiu. Yang pork  juga gitu tadi.

Tapi no problemo, empuk dan enak juga kok. Nah, lagi-lagi masalahnya terlalu sedikit, cuma 3 slice Chicken  Casiu-nya. Sungguh TERLALU! Untuk isian lainnya pada Tori Signature sama dengan Buta Kara tadi ya, hanya saja jamurnya ikut serta alias nggak  kelupaan seperti di Ramen sebelumnya.

Kesimpulannya, Ramen Jepang di Ikkudo Ichi ini nikmat. Citarasanya juga seperti sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia ya. Dari segi harga ya sebelas dua belas dengan tempat Ramen lainnya yang serupa. Cuma untuk pemberian topping  terutama daging-daging-an, Ikkudo Ichi lebih pelit. Sedangkan service  di sini kurang oke, raut wajah waiters-nya pada kenceng.

Anda penggemar Ramen Info Kuliner Jakarta, Ikkudo Ichi boleh juga kok jadi rekomendasi tempat makan Ramen Jepang kalian. Gerai-nya banyak. Selain di lantai 3 mall Central Park ada juga di Pantai Indah Kapuk, Alam Sutra, Kelapa Gading dan Puri Indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>