Yang Khas Cirebon di Empal Gentong Mang Darma Jakarta

Jangan heran ya, kalau akhir-akhir ini kita semakin kecanduan me-review  tempat makan yang ber-genre lokal, karena Kekayaan kuliner nusantara memang seakan tidak akan pernah habis untuk diulas. Selain itu, ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri ketika menemukan dan mencoba kuliner lokal enak di Jakarta yang khas dari masing-masing daerah di Indonesia.

Belum lama ini kita melihat Kedai Empal Gentong Mang Darma yang baru buka. Berlokasi tepat di halaman sebuah rumah di Jl. Duri Raya No. 6, Kebon Jeruk-Jakarta Barat, posisinya tidak jauh dari kantor kelurahan Duri Kepa. Yang kita tau  dulu tempat ini merupakan lapangan tenis dan bagian dari halaman rumah tersebut. Tapi sekarang berubah menjadi sebuah tempat makan. Bagian lapangan tenis dimanfaatkan sebagai lahan parkir pengunjung, jadi pengunjung Empal Gentong Mang Darma tidak perlu takut  tidak kebagian tempat parkir ya 🙂

Empal Gentong Mang Darma memang sudah tersohor di daerah asalnya Cirebon.  Langsung aja  kita coba yuk. Berhubung di Kedai Empal Gentong Mang Darma ini tidak hanya menjual Empal Gentong, namun juga menjual kuliner khas kota udang lainnya, maka kita juga pesan Nasi Jamblang dan Mie Koclok selain Empal Gentong-nya.

Untuk Empal Gentong (IDR 22.000) tiidak ada pendamping lontong seperti kebanyakan Empal Gentong lainnya. So, anda hanya bisa memilih nasi putih sebagai pendamping. Empal Gentong di sini hadir dengan santan yang lebih ringan. Masih dengan ciri khas rajangan daun kucai.

Untuk isian campur, selain ada daging, paru, babat dan lidah juga ada tulang rawan yang kres-kres maknyuus. Empal gentong-nya ajib  karena pemakaian tulang rawan tadi, babatnya terlihat bersih dan isian jeroan lainnya juga tidak berbau. Kekurangannya kalau untuk kita, isinya terlalu sedikit dan saat disajikan kuahnya suam-suam kuku  alias kurang panas 😀

Berikutnya, Nasi Jamblang (IDR 25.000). Sempat kurang yakin dengan Nasi Jamblang di sini karena lauk pauk yang terpajang di etalase, jenis dan porsinya tidak banyak. Kita langsung mengambil kesimpulan bahwa kualitasnya asal-asalan. Tapi semua itu terbantahkan oleh kualitas lauk pelengkap pada Nasi Jamblang komplit yang kita pesan ini. Enak-enak semua!

Mulai dari Daging yang dimasak seperti sambel goreng daging, cumi asin yang ngak tau gimana  bisa dimasak masih dengan tintanya, tempe orek, tahu dimasak santan, perkedel kentang dan ikan asin jambal. Untuk daging dan tempe orek, manisnya pas sekali. Nasi Jamblang di sini juga masih dengan ciri-cirinya tampil dengan alas daun jati. Tapi, lagi-lagi kekurangannya kalau untuk kita adalah porsi yang terlalu kecil. Hihi!

Kuliner khas Cirebon yang terakhir adalah Mie Koclok (IDR. 24.000). First impression  yang kurang baik oleh tampilan yang tidak menarik. Tampilan awal saat datang sekilas mirip seporsi Bubur Sumsum tanpa gula jawa cair di atasnya, sebelum akhirnya kita membongkar saus berwarna putih mirip Bubur Sumsum tadi yang menutupi mie-nya.

Untuk kita yang baru pertama kali mencoba, sangat merasa asing dengan citarasa Mie Koclok ini. After taste  pada saus putih tersebut seperti rasa santan areh atau kue-kue tradisional yang biasanya manis seperti Nagasari atau Talam tapi versi gurih-asin dan memiliki rasa juga aroma khas santan instant  siap pakai.

Aneh bin asing kalau menurut kita dan bikin eneg. Mie Koclok ini menggunakan jenis mie untuk Bakmi lalu dimasak dengan isi tauge, kol, daun bawang dan suiran ayam. Setelah itu baru disiram dengan saus putih yang terbuat dari santan dan tepung jagung.

Secara keseluruhan, kuliner khas Cirebon di Kedai Empal Gentong Mang Darma ini enak dan cocok dengan lidah, kecuali Mie Koclok-nya. Bagi yang berdomisili di Jakarta Barat, tempat makan ini bisa menjadi alternatif bagi kalian penggemar Empal Gentong dan kuliner khas Cirebon lainnya. Tunggu apalagi? Monggo  dicoba. Tapi jangan di hari Kamis ya karena tempat makan ini tutup setiap Kamis. Info Kuliner Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>