Soto dan Sop Kaki Sapi Sumsum maknyuus di Jakarta

Tidak akan ada habisnya kalau bicara tentang kuliner. Apalagi kekayaan kuliner nusantara yang membludak. Rasanya, seru juga untuk mencoba kuliner Betawi. suka Sop atau Soto Kaki Sapi yang pakai Sumsum ala Betawi? Setelah lama mencari tempat makan Sop Kaki Sapi atau Sumsum yang enak di Jakarta, kita akhirnya mendapat referensi dari sumber terpercaya . Salah satunya ada di Selatan Jakarta, terletak di kawasan Pasar Burung Barito … namanya Soto dan Sop Kaki Sapi Sumsum H. Agus.

Merupakan tempat makan kaki lima yang berderetan dengan lapak pedagang buah di Barito. Ekspektasi kita berubah seketika, saat sampai di tempat. Hilanglah sudah harapan untuk menyeruput Sumsum sapi langsung dari bongkahan tulang yang besar dan menikmati sisa daging dan lemak yang menempel di tulang tersebut 🙁  Ternyata kalau di Sop Sumsum H. Agus, Sumsum sapi-nya sudah dikeluarkan dari tulang.

Untuk Sop kita pesan yang campur, jadi Sop ini berisi daging sapinya sendiri,  potongan kaki dan kikil, tak ketinggalan segala macam jeroan sapi. Untuk jeroan … mulai dari usus, paru, limpa serta babat. Hanya itulah jeroan yang penampakannya bisa kita kenali. Hebatnya, semua jeroan yang ada dalam Sop ini tidak berbau amis atau anyir. Daging dan jeroan yang empuk, ditambah irisan tomat, daun bawang juga emping yang bersatu di dalam kuah berwarna keruh yang menyegarkan. Rasanya, sepiring nasi akan kurang menemani semangkuk Sop yang porsinya termasuk besar dan hanya dibanderol seharga idr 20 ribu/mangkuk ini.

Sedangkan Soto, kita juga pesan yang campur. Istimewanya, kita pesan sepotong Sumsum sebagai tambahan karena tidak termasuk dalam isian campur. Soto berkuah santan ini ternyata cenderung ringan dan gurih, walaupun tampilannya terlihat pekat. Yah, sebelas dua belas dengan kuah Soto Betawi untuk rasanya, hanya saja berwarna lebih kecoklatan . Untuk isian campurnya masih sama seperti pada Sop tadi. Suapan kuah santan gurih dibarengi dengan Sumsum yang sangat gurih dan berlemak, lumer jadi satu dalam mulut. Maknyuus!  Walaupun serba gurih dan berlemak, jangan khawatir akan merasa eneg. Perasan jeruk limo yang beraroma khas membuat kuah santan tadi tambah mantap nan segar. Ditambah lagi potongan acar yang juga menyegarkan. Perfecto!

Harga Soto ini sama dengan Sop-nya, sedangkan untuk Sumsum dihargai idr 3 ribu/potong.

Dimanapun kalian berada … kita sangat merekomendasikan tempat ini untuk masuk dalam daftar wisata kuliner yang wajib kalian coba. Tapi hati-hati kalau ke sini karena jam bukanya relatif pendek, hanya dari jam 8 pagi-4 sore. Juga lapaknya yang sangat kecil, mengharuskan kalian yang ingin mencobanya harus cermat memilih waktu yang tepat … supaya kebagian tempat duduk. Hindari jam makan siang orang kantor-an ya! Info Kuliner Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>