Soto Betawi H. Ma’ruf Yang Melegenda

Di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki,  berjajar rumah makan dengan berbagai menu andalan. Namun, ada satu rumah makan cukup menarik perhatian.  Kedai itu berdiri di sebuah bangunan tua,  dengan dinding bercat putih. Di atas pintunya terpampang tulisan Rumah Makan Betawi Soto  H. Ma’ruf.  Bagi warga ibukota, nama ini begitu melegenda. Utamanya untuk urusan soto betawi.

Semangkuk kuah santan berbumbu isi daging sapi ditambah emping dan irisan tomat.  Siapa bisa menolak kelezatan kuliner khas Betawi satu ini? Rasa gurih dan nikmat Soto Betawi H. Ma’ruf membuatnya punya penggemar dari berbagai kalangan.  Mulai dari pejabat, tokoh politik, mantan Presiden Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), hingga keluarga Cendana pernah mencicipinya.

Bisnis Soto Betawi H. Ma’ruf dirintis oleh pria asal Betawi,  H. Ma’ruf pada tahun 1940-an. Saat itu, ia menjajakan soto keluar masuk kampung dengan cara dipikul. Ketika tentara Jepang menduduki Indonesia, dan perang yang berkecamuk, H. Ma’ruf pun sempat berhenti berdagang. Ia baru kembali meneruskan bisnisnya pada 1946, dengan berjualan di pasar Boplo atau pasar Gondangdia. Umur soto betawi ini hampir sama dengan cafe batavia.

Tak lama, H. Ma’ruf mendirikan warung soto Betawi pertamanya di  dekat Kantor Imigrasi, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Setelah sempat beberapa kali pindah, akhirnya dagangan soto Betawi tersebut menetap di areal Taman Ismail Marzuki hingga saat ini.

Sekarang, bisnis tersebut diteruskan oleh putranya, Muchlis Ma’ruf yang mengaku ingin melestarikan kebudayaan sang leluhur. “‘Kebudayaan’ itu adalah kata kerja. Untuk melestarikannya, kita harus bekerja dan berusaha,” ucap Muchlis yang memiliki dua cabang Soto Betawi H. Ma’ruf lainnya di Jakarta. Info Kuliner Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>