Gurihnya Kerak Telor Kuliner Khas Betawi

Setiap daerah pasti memiliki makanan yang menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Salah satu makanan yang khas adalah kerak telor yang semua orang pasti mengetahuinya karena identik dengan kota Jakarta. Bagi warga Betawi sudah menjadi makanan ringan saat bersantai dan menikmati gurihnya kerak telor kuliner khas Betawi.

Makanan khas Betawi ini terbuat dari ketan kelapa, merica, garam, udang kering dan telur. Bagi Anda yang belum tahu cara atau tahapan membuat kerak telor khas betawi, disini ada tahapannya sebagai berikut:

  1. Ketan yang sudah direndam selama satu malam, ambil 1 centong adukan sayur kemudian diletakkan di atas penggorengan yang panas dan tidak berminyak. Ratakan agar tercium aroma gosong wajannya.
  2. 1 sendok makan serundeng dimasukkan kedalam wajan. Nah disini serundeng itu adalah kelapa yang sudah disangrai dengan cabe, kencur dan jahe.
  3. Masukkan 1 sendok makan udang kering, merica, garam dan telur.
  4. Setelah itu diaduk hingga rata kemudian wajan ditutup, dibuka dan dibalik agar adonan tadi langsung menghadap ke bara api.
  5. Dan akhirnya kerak telor pun siap untuk dinikmati bersama keluarga Anda dengan tambahan bawang goreng dan serundeng, tidak lupa juga dengan hangatnya teh manis untuk menemani hari santai Anda bersama Keluarga.

Dengan adanya tahapan yang sudah dipaparkan tadi, semoga Anda bisa mengobati ‘kekangenan’ Anda terhadap makanan kuliner khas Jakarta ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>