Rumah Makan Soto Betawi H. Ma’ruf

Saat kita melewati kawasan Taman Ismail Marzuki, kita dapat melihat jajaran rumah makan dengan menawarkan menu andalannya. Namun, ada satu rumah makan yang cukup menarik perhatian. Sebuah kedai yang cukup tua dibalut dengan dinding bercat putih dan terdapat tulisan di sebuah pintu Rumah Makan Soto Betawi H. Ma’ruf. Nah, bagi sebagian warga ibukota sudah tidak asing lagi bagi mereka apalagi masalah soto betawi pasti mereka meluncur ke kedai ini.

Kita akan dihidangkan semangkuk kuah bersantan dan berbumbu berisi daging sapi ditambah kerupuk emping dan irisan tomat yang mengugah selera kita. Siapa sih yang menolak kelezatan soto khas betawi ini? Rasa gurih dan nikmat itulah yang membuat penggemarnya semakin sini semakin banyak. Saking terkenalnya dan melegenda, tidak hanya kalangan warga biasa, tetapi pejabat, tokoh politik dan masih banyak lagi yang sering makan disini.

Soto betawi H.Ma’ruf ini dirintis sejak tahun 1940-an, saat itu ia menjajakan soto dari kampung ke kampung lain dengan cara dipikul. Tak lama, H.Ma’ruf mendirikan warung soto pertamanya di daerah Jakarta Pusat dekat Kantor Imigrasi. Dan akhirnya sekarang berdagang di areal Taman Ismail Marzuki sekarang soto betawi ini dikelola secara turun temurun oleh putra-putranya, yang sekarang dikelola oleh Muchlis Ma’ruf. Saat ini soto betawi sudah memiliki dua cabang lainnya di Jakarta. Selamat mencoba dan mencicipinya kuliner Jakarta ini, dijamin pasti kalian akan ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>